Minta Prioritaskan Perbaikan Irigasi

Minta Prioritaskan Perbaikan Irigasi

TAIS, Bengkulu Ekspress - Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH mengutarakan, Pemerintah, khususnya Balai Sumatera VII memprioritaskan bendungan dan saluran irigasi di Kabupaten Seluma. Pasalnya, hingga saat ini sebagian besar kalangan petani di Kecamatan Seluma Barat dan Seluma Selatan mengeluhkan kerusakan bendungan irigasi.

“Jangan hanya alat pertanian saja yang dibagikan kepada kelompok tani, namun juga harus memperhatikan jaringan irigasi di Seluma ini,” pinta bupati.

Kerusakan aliran irigasi di Kecamatan Seluma Selatan, sudah memprihatikan dan menjadi keluhan kalangan petani. Perbaikan irigasi yang tak kunjung selesai seperti saat ini jelas membawa dampak bagi petani. Padahal saat ini segera memasuki musim penghujan waktu ideal untuk bertanam.

“Pekerjaan yang ada saya minta tolong dipercepat mengingat perbaikan yang tengah dilakukan sudah membawa dampak dikalangan petani,” imbuh bupati.

Bupati Bundra menerangkan, irigasi yang tidak ada airnya permasalahan besar yang harus ditindaklanjuti. Bila tidak diperbaiki dikhawatirkan warga atau petani berpaling menanam sawit. Bupati mengutarakan ada beberapa warga desa yang langsung mengeluhkan akan permasalahan irigasi yang tidak dialiri air, namun kelompoknya tani justru mendapatkan bantuan alat pertanian berupa hentraktor dan lainnya. Luas lahan pertanian saat ini sudah mencapai 16 ribu hektar sawah.

“Ini jelas tidak seimbang setidaknya dinas terkait khususnya Holtikultura dan Perkebunan Provinsi Bengkulu bisa memberikan bantuan dengan mempehatikan aliran irigasi,” sampainya.

Selain itu, kelompok tani juga harus benar-benar ril dalam mengusulkan kebutuhan anggota kelompok. Bukan hanya sekedar mengusulkan kebutuhan. Namun berkelanjutan untuk tetap konsisten meningkatkan hasil pertanian yang mereka garap. Baik itu dari segi bibit padi, pupuk serta benih termasuk kepada upaya untuk meningkatkan hasil pertanian.

“Konsisten dalam meningkatkan hasil pertanian dengan tetap berkelompok dan jangan sampai di selewengkan milik kelompok tersebut,” singkatnya.(333)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: